Sunday, March 19, 2017

Apa Itu blogger? Bagaimana cara menjadi blogger



Apa itu blog?? pasti banyak orang awam yg bertanya-tanya apa sih blog itu. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut (Courtesy By Wikipedia) .

Jadi bisa disimpulkan Blog itu adalah suatu tempat dimana kita sebagai pelaku blog atau biasa disebut blogger membuat sebuah artikel dan diunggah ke dalam web/blog itu. Blog Itu sendiri bisa berisi bermacam-macam sesuai keinginan kalian membuat blog itu dengan tema seperti apa, ada blog yg berisikan tetang artikel-artikel kesehatan, game, digunakan untuk menjual barang/jasa, atau yg membahas tentang seluk beluk blog itu, seperti contohnya Donesiarony.blogspot.com.

Banyak blogger di luar sana bilang "membuat blog itu mudah lho!!", "heh buat aja blog banyak untungnya kok, kalian bisa dapet uang", "coba aja ngeblog siapa tau jodoh" dan lain-lain.
Iya memang benar membuat blog itu gampang tapi ada 2 fakta yg perlu kalian ketahui sebelum membuat blog
  • Kalau cuma membuat blog, caranya sangat mudah
  • Tapi supaya blognya sukses, tidak mudah
Ya seperti itu lah hukumnya, maka kalian hanya perlu bersabar jika mau blog kalian sukses jangan cuma pengen enak dengan cara instan, semua memerlukan proses.

ada beberapa hal yg perlu kalian perhatikan ketika akan membuat blog.

1. Tentukan Topik


hal pertama yg perlu kalian lakukan adalah menentukan topik apa yg akan kalian bahas di dalam blog kalian. tentunya topik menjadi penting disini, karna yg dibaca oleh orang adalah konten / artikel-artikel kalian di blog kalian itu, nah apabila dari awal topik kalian sudah berantakan, bisa bayangkan sendiri kan bagaimana orang ingin membaca artikel kalian.

2. Pilih platfot blog yang kalian rasa tepat


Nah setelah hal yg paling sulit sudah kalian lalui, sekarang adalah menentukan platform dari blog kalian, Namun sebelum ada 2 istilah yg perlu kalian ketahui, yaitu Hosted dan Self-Hosted.

pasti ada yg bertanya-tanya,

"Hosted dan Self Hosted itu apa sih mas?"

Hosted berarti blog anda ‘menumpang’ di website mereka. Jadi kalian tidak akan punya website murni milik sendiri, biasa itu ada embel-embel seperti blogspot.com atau wordpress.com sebagai domainnya

Self-Hosted itu sendiri adalah kebalaikannya. sebagai contoh kalian membuat website sendiri dengan nama Blogku, maka website tersebut adalah milik kalian sepenuhnya, tetapi kalian harus membayar domain dan hosting nya.

Nah kita bahas sekarang ini adalah blog yg berbasis Hosted.
ada banyak platform diluar sana yg menyediakan layanan untuk membuat website seperti

Nah itu contoh 2 platform website yg terkenal di Indonesia.
Dengan menggunakan platform Hosted , tentunya mempunyai banyak kekurangan dan kelebihannya seperti :
  1. Kalian tidak ada mengeluarkan biaya sepeser pun
  2. Mempunyai fitur yg terbatas
  3. memiliki Tampilan yg terbatas
  4. Harus siap dengan nama web yg memiliki nama domain ada embel-embel seperti blogspot atau wordpress
  5. Dan yg paling parah website kalian bisa dihapus sewaktu-waktu (kalau anda melanggar aturan)
Kurang lebih seperti itulah, memang semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing makanya kalian harus pandai-pandai untuk memaksimalkan kelebihan tersebut.

Itulah penjelasan singkat tentang Apa Itu blogger? Bagaimana cara menjadi blogger, namun untuk sekarang saya hanya menjelaskan tentang cara menjadi blogger lewat platform hosted saja, bukan berarti saya tidak tahu tentang self hosted, saya tahu tapi mungkin saya akan jelaskan di artikel saya berikutnya. Begitulah penjelasan singkat saya. mungkin untuk cara-cara membuatnya kalian bisa cari-cari referensi di luar sana. Semoga membantu

No comments:

Post a Comment

Popular

Recent

Comments